Cara Membuat Laporan Keuangan (SPJ) 2014
Kali ini Ane mau Share bagaimana cara membuat Laporan Keuangan Atau umumnya Disebut SPJ/LPJsebagai mana kita tahu... ketika kita menerima bantuan dari suatu pihak, entah itu bantuan dari pemerintah atau pun pihak lain.. biasanya kita harus membuat laporan keuangan, gunanya laporan keuangan ini adalah sebagai bahan transparansi tentang keuangan yang kita terima dan kita kelola.
misalkan kita dapet bantuan Rp. 50.000.000,- (Lima puluh juta rupiah) dari pemerintah untuk perbaikan ruangan yayasan/gedung/musholah dll. otomatis semua pengeluaran baik itu pembelian bahan bahan bangunan, ongkos tenaga kerja dan lain-lain perlu di laporkan penggunaanya kepada pemerintah...
ketika kita melaporkan Laporan pertanggungjawaban penggunaan dana (SPJ) hal yang paling penting adalah, pastikan semua pengeluaran itu pas dengan Pemasukan..
Contoh ; Pemasukan/Penerimaan dana Rp 50 juta, maka Pemakaiannya juga harus Rp. 50 juta
tetapi kadang dana yang 50 juta itu tidak semuanya terpakai, jika dana yang pemerintah berikan itu masih ada sisa otomatis dana sisa tersebut harus di kembalikan kepada pemerintah... sayang bukan??? masa duit sisa itu harus di balikin gara2 kita gak bisa memakai semua..oleh karena itu sebisa mungkin kita harus membuat perincian pengeluaran agar hasil akhirnya itu NOL (Alias Tidak Ada sisa). hal yang perlu kita buat pertama kali adalah membuat BKU (Buku kas umum) BKU ini berfungsi sebagai Rincian Pengeluaran yang kita lakukan.. dan usahakan hasil akhirnya harus sampe nol ya gan.
Keterangan Cara mengisinya :
Tanggal : isi tanggal sesuai dengan tanggal Pembelian/Tanggal Transaksi/Tanggal Kegiatan
Uraian : Isi kolom ini dengan uraian kegiatan yang dilakukan
Penerimaan : isikan jumlah nominal uang yang diterima, ingat yang diisi cuma baris pertama aja ya gan
Pengeluaran : isikan Nilai pengeluaran dari uraian kegiatan
Saldo : Saldo jangan di utak atik,, karena otomatis akan terisi sendiri :D
Tidak ada komentar:
Posting Komentar