ANIMASI
KOMPUTER
Animasi komputer adalah seni menghasilkan gambar bergerak
dengan sendiri melalui penggunaan komputer dan merupakan sebagian bidang
komputer grafik dan animasi. Sesuai dengan namanya, animasi ini secara
keseluruhan dikerjakan dengan menggunakan komputer. Dari pembuatan karakter,
mengatur gerakkan “pemain” dan kamera, pemberian suara, serta special effeknya
semuanya di kerjakan dengan komputer. Animasi semakin banyak dihasilkan melalui
grafik komputer 3D, walaupun grafik komputer 2D masih banyak ada .
Dengan animasi komputer, hal-hal yang awalnya
tidak mungkin digambarkan dengan animasi menjadi mungkin dan lebih mudah.
Sebagai contoh perjalanan wahana ruang angkasa ke suatu planet dapat
digambarkan secara jelas, atau proses terjadinya tsunami.
Perkembangan teknologi
komputer saat ini, memungkinkan orang dengan mudah membuat animasi. Animasi
yang dihasilkan tergantung keahlian yang dimiliki dan software yang digunakan.
Animasi komputer menggunakan CGI . CGI (Computer Generated Image) adalah penerapan bidang komputer grafis, untuk pembuatan dan memanipulasi gambar (visual) secara digital. Bentik sederhana dari grafika komputer adalah grafika komputer 2D yang kemudian berkembang menjadi grafika komputer 3D (untuk efek-efek khusus dalam film-film, program-program televisi, iklan-iklan, simulator-simulato dan sumilasi umumnya, dan media cetak), pemrosesan citra, dan pengenalan pola. Grafika 3D adalah representasi dari data geometrik 3 dimensi sebagai hasil dari pemrosesan dan pemberian efek cahaya terhadap grafika komputer 2D. Data matematis ini belum bisa dikatakan sebagai gambar grafis hingga saat ditampilkan secara visual pada layar komputer atau printer. Secara umum prinsip yang dipakai mirip dengan grafika komputer 2D, dalam hal penggunaan algoritma, grafika vektor, dan grafika rasternya. Proses penampilan suatu model matematis ke bentuk citra 2D biasanya dikenal dengan proses 3D rendering.
Animasi komputer menggunakan CGI . CGI (Computer Generated Image) adalah penerapan bidang komputer grafis, untuk pembuatan dan memanipulasi gambar (visual) secara digital. Bentik sederhana dari grafika komputer adalah grafika komputer 2D yang kemudian berkembang menjadi grafika komputer 3D (untuk efek-efek khusus dalam film-film, program-program televisi, iklan-iklan, simulator-simulato dan sumilasi umumnya, dan media cetak), pemrosesan citra, dan pengenalan pola. Grafika 3D adalah representasi dari data geometrik 3 dimensi sebagai hasil dari pemrosesan dan pemberian efek cahaya terhadap grafika komputer 2D. Data matematis ini belum bisa dikatakan sebagai gambar grafis hingga saat ditampilkan secara visual pada layar komputer atau printer. Secara umum prinsip yang dipakai mirip dengan grafika komputer 2D, dalam hal penggunaan algoritma, grafika vektor, dan grafika rasternya. Proses penampilan suatu model matematis ke bentuk citra 2D biasanya dikenal dengan proses 3D rendering.
Animasi 2D terus
dikonsumsi oleh para animator-animator dunia. Selain Disney, perusahaan lain
yang menggunakan animasi 2D adalah Nickelodeon. Nickelodeon menciptakan
beberapa film-film kartun, salah satu yang menjadi icon juga adalah SpongeBob
Square Pants.
animasi komputer mulai ada setelah teknologi komputer berkembang di era 80-an Animasi komputer mulai terkenal semenjak munculnya film Pixar yaitu Toy Story (1995)
animasi komputer mulai ada setelah teknologi komputer berkembang di era 80-an Animasi komputer mulai terkenal semenjak munculnya film Pixar yaitu Toy Story (1995)
Cara kerja animasi computer mulai dari :
§ Pra-produksi (Konsep, Skenario, Pembentukan
karakter, Storyboard, Dubbing awal, Musik dan sound FX), Produksi (Lay
out, Key motion, In Between, Background, Scanning, Coloring),
§ Post-produksi (Composite, Editing, Rendering,
Pemindahan film kedalam berbagai media berupa VCD, DVD, VHS dan lainnya)
§ Dikerjakan/digarap seorang animator dengan
banyak bantuan komputer, teknik cell animasi diadopsi dalam animasi
komputer, kertas gambar dalam pembuatan sebelumnya di program menjadi frame
komputer, jadi yang semula kumpulan gambar menjadi kumpulan frame dan dibuat di
dalam satu layer atau beberapa layer.
Perbedaan animasi
tradisional dan animasi komputer :
A. animasi
tradisional
merupakan sejenis
teknik animasi yang pembuatan gambarnya dilukis/digambar dengan tangan. Teknik ini merupakan
bentuk animasi yang paling sering digunakan sebelum adanya animasi computer.
B. animasi computer
seni menghasilkan gambar
bergerak melalui penggunaan komputer dan dengan menggunakan bantuan software –
software (tools) yang telah ada. terutama software atau aplikasi dalam
bidang komputer
grafik dan animasi. Contoh software : Adobe Flash, Macromedia
Flash, Ulead GIF Animator 5, dan lain-lain.
Jadi , perbedaan keduanya sudah jelas terlihat
pada proses pembuatan gambar dan pergerakan animasinya, yaitu :
§ untuk animasi tradisional proses pembuatan
gambar dikerjakan secara manual atau dengan tangan dan untuk proses
pergerakkannya memakai banyak frame jadi setiap satu animasi memerlukan sekitar
20 frame dan diperlukan waktu serta tenaga yang besar untuk menghasilkan sebuah
animasi yang lengkap. Animasi ini dibuat dari berlembar-lembar kertas gambar
yang kemudian di-”putar” sehingga muncul efek gambar bergerak. Gambar pertama
dipaparkan pada screne. Kemudian gambar kedua yang mungkin lebih kecil atau
berukuran sama dengan gambar pertama ditumpuk pada gambar pertama. Proses ini
diulang beberapa kali, setiap kali gambar yang baru menunjukkan sedikit
perubahan. Sekiranya proses ini diulang-ulang, ia kelihatannya seperti
bergerak.
§ sedangkan animasi komputer proses pembuatan
gambar dan proses pergerakkan animasinya dibantu dengan komputer dan
software-software khusus untuk pembuatan animasi jadi tidak terlalu sulit dan
tidak memakan banyak waktu.
TIPE DAN JENIS ANIMASI
KOMPUTER
TIPE ANIMASI KOMPUTER
TIPE ANIMASI KOMPUTER
§ Animasi 2 Dimensi Animasi 2 Dimensi adalah
animasi yang paling sering kita jumpai, animasi ini biasa disebut dengan
kartun. Animasi ini berbasis pada konsep gambar 2 dimensi.Contoh-contoh dari
animasi ini adalah spongbob dan lain lain.
§ Animasi 3 Dimensi Animasi 3 Dimensi merupakan
perkembangan dari animasi 2 dimensi. Dengan berdasarkan pada konsep gambar 3
dimensi sehingga menghasilkan animasi yang lebih realistis, detail dan nyata
karena hampir menyerupai bentuk aslinya. Contoh dari animasi 3 Dimensi sendiri
adalah smurf, avatar dan lain-lain.
JENIS ANIMASI KOMPUTER
§ Komputer Assist
Beberapa contoh pertama dari animasi komputer
komersial secara tradisional menggunakan bantuan komputer. Hal ini bisa dalam
bentuk komputer yang memproduksi ” perantara” atau gambar yang menghubungkan
dua inputan yang sama oleh seniman (sehingga memungkinkan seniman untuk
menggambar karakter lebih sedikit). Komputer animasi pembantu pertama kali
digunakan dalam sebuah film animasi di “The Mouse Detective Besar” Disney pada
tahun 1986. Sebuah adegan dalam film berlangsung didalam jam, dan roda gigi
mekanik kompleks benar-benar diberikan dalam komputer sebagai kawat-frame
grafis sebelum dipindahkan ke sel, di mana mereka bersatu dengan unsur-unsur
lain dari TKP. Teknik yang sama digunakan oleh Disney dalam film kemudian
seperti “Beauty and the Beast” (1991), “Pocahontas” (1995) dan “Tarzan” (1999)
.
§ Gerak Kontrol dan Script
Animasi komputer yang paling modern menggunakan
sistem kendali gerak yang digunakan oleh animator untuk memanipulasi pembuatan
sebuah objek, dan kemudian memindahkan obyek telah yang melalui serangkaian
pose. Metode ini menghasilkan gerakan yang akan menghasilkan gambar gerakan
akhir. Animasi gerak kontrol pertama dilakukan dengan sistem scripting seperti
ASAS (Aktor Script Sistem Animasi). Dalam skenario ini, animator adalah seorang
programmer komputer yang menulis kode dalam bahasa komputer untuk menghasilkan
sebuah objek dan memberikan gerakan obyek itu. Sebagai animasi komputer
berkembang, sistem yang lebih interaktif dikembangkan untuk memungkinkan
animator untuk berinteraksi dengan gambar dan benda-benda melalui antarmuka
yang lebih abstrak. Kode sekarang ditulis secara otomatis, berdasarkan masukan
yang animator membuat menggunakan antarmuka visual dan memanipulasi subjek
dengan mouse, keyboard atau perangkat input lainnya.
§ CGI Compositing
Animasi komputer juga
digunakan di tempat teknik yang lebih tua dari film animasi. Sejak adanya
bioskop, unsur-unsur animasi telah ditambahkan kedalam gambar difoto.
Unsur-unsur lain, seperti model atau latar belakang dicat, juga digunakan dan
harus susah payah dipasangkan dengan rekaman live-action. Ini melibatkan proses
optik panjang di mana berbagai elemen yang kembali difoto beberapa kali agar
dapat composited bersama menjadi satu gambar. Karena kompleksitas proses, efek
khusus yang mahal dan jarang digunakan dalam jumlah besar oleh semua tapi film
yang paling tinggi dibiayai.
Komputer citra yang dihasilkan mengubah semua itu, yang memungkinkan pembuat film untuk menggunakan layar biru atau hijau untuk memilih bagian dari film yang nantinya dapat dengan mudah dihilangkan dengan komputer dan diganti dengan gambar dari sumber lain, baik foto atau sepotong adegan animasi. Komputer compositing animasi bahkan berfungsi di banyak konsumen tingkat program video editing.
Komputer citra yang dihasilkan mengubah semua itu, yang memungkinkan pembuat film untuk menggunakan layar biru atau hijau untuk memilih bagian dari film yang nantinya dapat dengan mudah dihilangkan dengan komputer dan diganti dengan gambar dari sumber lain, baik foto atau sepotong adegan animasi. Komputer compositing animasi bahkan berfungsi di banyak konsumen tingkat program video editing.
§ Motion Capture
Motion capture adalah
jenis animasi komputer yang telah memperoleh banyak peminat dalam beberapa
tahun terakhir. Motion capture ini bergantung pada sensor kecil yang
ditempatkan pada karakter di berbagai titik di sekitar tubuh mereka. Para aktor
melakukan dan gerakan mereka ditangkap oleh kamera yang dapat menemukan sensor
dan melacak gerakan mereka. Gerakan ini kemudian dapat ditransfer ke
komputer-tokoh yang dirancang akan bergerak dengan cara yang persis sama
seperti aktor lakukan.
Motion capture sangat signifikan bagi yang menjembatani kesenjangan antara metode tradisional pembuatan film dan teknologi baru. Beberapa contoh dari motion capture termasuk, Gollum di film “Lord of the Rings”,
Motion capture sangat signifikan bagi yang menjembatani kesenjangan antara metode tradisional pembuatan film dan teknologi baru. Beberapa contoh dari motion capture termasuk, Gollum di film “Lord of the Rings”,
§ Animasi Flash
Salah satu jenis akhir animasi komputer adalah
Flash animasi. Animasi Flash merupakan salah satu nama untuk program Flash dari
Adobe yang telah mereka produksi, meskipun saat ini ada program lain yang juga memungkinkan
animator untuk menciptakan “flash” animasi. Walaupun keterbatasan dalam hal
gerakan dan gaya, namun Flash lebih murah untuk memproduksi ,karena itu
sekarang flash semakin meningkat popularitasnya. Animasi Flash sering digunakan
dalam iklan dan umum sebagai konten video di situs Web.
Perkembangan Animasi
Komputer
Perkembangan animasi seiring dengan perkembangan dunia pertelevisian. Pada awalnya diciptakanlah animasi berbasis dua dimensi (2D Animation). Yakni objek yang dianimasi mempunyai ukuran panjang (x-axis) dan lebar (y-axis) saja. Realisasi nyata dari perkembangan animasi dua dimensi yang cukup revolusioner berupa dibuatnya film-film kartun. Seven Dwarfs (1937) dan Fantasia (1940) dari Walt Disney adalah karya-karya film kartun yang melegenda sampai sekarang. Bahkan beberapa tokoh-tokoh kartun buatan Walt Disney yang lain masih dapat bertahan dan populer sampai saat ini mekipun pembuatan film-film tersebut dikerjakan hampir 500 tahun yang lalu.
Perkembangan animasi seiring dengan perkembangan dunia pertelevisian. Pada awalnya diciptakanlah animasi berbasis dua dimensi (2D Animation). Yakni objek yang dianimasi mempunyai ukuran panjang (x-axis) dan lebar (y-axis) saja. Realisasi nyata dari perkembangan animasi dua dimensi yang cukup revolusioner berupa dibuatnya film-film kartun. Seven Dwarfs (1937) dan Fantasia (1940) dari Walt Disney adalah karya-karya film kartun yang melegenda sampai sekarang. Bahkan beberapa tokoh-tokoh kartun buatan Walt Disney yang lain masih dapat bertahan dan populer sampai saat ini mekipun pembuatan film-film tersebut dikerjakan hampir 500 tahun yang lalu.
Kalau dibandingkan, sedikit sekali tokoh-tokoh film
layar lebar yang mampu bertahan sekian lamanya. Pembuatan animasi film kartun
itu sendiri pada awalnya dikerjakan dengan membuat sketsa gambar yang
digerakkan satu demi satu. Untuk membuat satu durasi animasi membutuhkan jumlah
gambar yang cukup banyak. Sejak ditemukannya teknik animasi sel, maka
pembuatannya menjadi lebih mudah. Kertas gambar yang biasa dipergunakan diganti
dengan kertas transparan yang terbuat dari bahan celluloid sheet. Teknik
animasi sel inilah yang kemudian diadopsi dalam animasi komputer.
Kertas gambar dalam
pembuatan animasi sebelumnya kemudian diprogram menjadi frame di komputer.
Sehingga yang semula berupa kumpulan gambar-gambar maka di komputer hal
tersebut sudah merupakan kumpulan dari frame-frame yang tersusun dalam sebuah alur
waktu. Adanya perubahan pergerakan suatu objek yang dianimasi oleh komputer
dapat dibuat menjadi sebuah keyframe. Sehingga menjadi jauh lebih efektif dan
efisien dibandingkan dengan animasi
yang dilakukan manual.
yang dilakukan manual.
Di tahun-tahun mendatang, dunia animasi
diprediksikan akan lebih gemerlap lagi. Sebagai contoh dengan dirilisnya
software eye matic face station. Dengan dukungan software animasi berbasis 3D
ini maka sutradara tidak perlu lagi mendatangkan seorang aktris atau aktor yang
bayarannya mahal dalam pembuatan film. Cukup dengan mempunyai foto tampak
samping dan tampak depan maka wajah artis tadi dapat dimodel mirip dengan
aslinya, dalam bentuk tiga dimensi tentunya.
Dengan program combustion yang merupakan plug in
software 3D Studio Max maka pembuatan efek transisi yang dipergunakan dalam
pergantian antarsekuel film di satu sisi menjadi lebih mudah dan lebih menarik.
Sehingga makin luas pula lahan pekerjaan yang ditawarkan dan menjadi tantangan
bagi komunitas animator Indonesia.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar